AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
I. PENDAHULUAN
Pasca pandemi sistem pendidikan mengalami dampak yang sangat
memprihatinkan khususnya peserta didik dengan fenomena krisis karakter.
Generasi muda menjadi kecanduan dengan gadget sehingga membuat mereka mulai
tidak mempedulikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Sebagaii pendidik
kita perlu menerapkan kembali budaya positif pada peserta didik di lingkungan
sekolah agar mereka memiliki karakter yang berpedoman pada Profil Pelajar
Pancasila.
Budaya
positif di sekolah merupakan nilai-nilai keyakinan dan asumsi dasar yang tumbuh
dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dan diyakini di sekolah
budaya positif tersebut berisi kebiasaan-kebiasaan yang sudah disepakati
bersama dan dijalankan dalam waktu yang lama dengan memperhatikan kodrat anak
dalam hal ini kodrat alam dan kodrat zaman serta keberpihakan pada anak.
Hal ini sesuai dengan
tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantoro yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada
anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang
setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat
II. TUJUAN
Tujuan dari aksi nyata
Budaya Positif ini yaitu
Mendidik peserta didik
untuk melakukan pembiasaan positif di sekolah.
Menumbuhkan sikap tanggung
jawab pada diri atas pemilihan aspirasi idenya melalui kesepakatan kelas.
Mengembangkan bernalar
kritis dan inisiatif yang tinggi pada diri peserta didik
Menumbuhkan rasa saling
menghargai diri sendiri dan orang lain
III. TOLAK
UKUR
Tolak Ukur dari kegiatan
ini adalah mewujudkan peserta didik yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila.
Terwujudnya murid yang “Sehat, Bermutu Unggul dan Berpijak pada Akhlak Luhur
sebagai bentuk budaya positif di sekolah”
IV. Liminasi Kegaitan
yang dilakukan
Rincian dari kegaitan aksi
nyata adalah sebagai berikut
Minggu ke-1. Meminta ijin
dan dukungan kepada Kepala Sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan. Tgl.
23 Januari 2023
Minggu ke-2. Pengenalan
budaya postif ke peserta didik melalui kesepakatan kelas, keyakinan kelas dan
membimbing peserta didik dalam penerapan aksi nyata budaya positif Tgl. 2
Februari 2023.
Minggu ke-2.
Mensosialisasikan ke rekan guru melalui diseminasi pengimbasan budaya positif
di sekolah Tgl. 3 Februari 2023
Minggu ke-4 Pembentukan
komunitas praktisi "SOLUTIP" Santo Leo Praktek Budaya Positif Tgl. 6
Februari 2023
V. DUKUNGAN
YANG DIBUTUHKAN
Untuk kelancaran dari aksi
nyata yang dilakukan khususnya di sekolah pasti membutuhkan dukungan dari
berbagai pihak yaitu Kepala Sekolah, rekan sejawat, peserta didik dan orang
tua.
VI. HASIL
DARI AKSI NYATA
kegiatan aksi nyata
melalui kesepakatan, keyakinan di kelas membuat peserta didik lebih percaya
diri dan meyakini bahwa mereka adalah pribadi yang berkarakter.
Melalui diseminasi budaya
positif, guru -guru semakin memahami bahwa budaya posiiif akan terwujud jika
guru menjadi pembimbing dalam penerapan disiplin positif di sekolah.
VII. DOKUMENTASI
Berikut ini bukti dari
video aksi nyata Budaya Positif yang telah dishare di youtube dan Platfom
Merdeka Mengajar.
https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/223598
Mari tetap semangat dan
terus belajar untuk perubahan dunia pendidikan yang lebih baik.
Salam sehat dan bahagia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar