Sabtu, 11 Februari 2023

AKSI NYATA GURU PENGGERAK MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

AKSI NYATA MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF

 

I.               PENDAHULUAN

Pasca pandemi sistem pendidikan mengalami dampak yang sangat memprihatinkan khususnya peserta didik dengan fenomena krisis karakter. Generasi muda menjadi kecanduan dengan gadget sehingga membuat mereka mulai tidak mempedulikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Sebagaii pendidik kita perlu menerapkan kembali budaya positif pada peserta didik di lingkungan sekolah agar mereka memiliki karakter yang berpedoman pada Profil Pelajar Pancasila.

Budaya positif di sekolah merupakan nilai-nilai keyakinan dan asumsi dasar yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dan diyakini di sekolah budaya positif tersebut berisi kebiasaan-kebiasaan yang sudah disepakati bersama dan dijalankan dalam waktu yang lama dengan memperhatikan kodrat anak dalam hal ini kodrat alam dan kodrat zaman serta keberpihakan pada anak.

Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantoro yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat

II.      TUJUAN

Tujuan dari aksi nyata Budaya Positif ini yaitu

Mendidik peserta didik untuk melakukan pembiasaan positif di sekolah.

Menumbuhkan sikap tanggung jawab pada diri atas pemilihan aspirasi idenya melalui kesepakatan kelas.

Mengembangkan bernalar kritis dan inisiatif yang tinggi pada diri peserta didik

Menumbuhkan rasa saling menghargai diri sendiri dan orang lain

III.     TOLAK UKUR

Tolak Ukur dari kegiatan ini adalah mewujudkan peserta didik yang berkarakter Profil Pelajar Pancasila. Terwujudnya murid yang “Sehat, Bermutu Unggul dan Berpijak pada Akhlak Luhur sebagai bentuk budaya positif di sekolah”

IV.     Liminasi Kegaitan yang dilakukan

Rincian dari kegaitan aksi nyata adalah sebagai berikut

Minggu ke-1. Meminta ijin dan dukungan kepada Kepala Sekolah terkait aksi nyata yang akan dilakukan. Tgl. 23 Januari 2023

Minggu ke-2. Pengenalan budaya postif ke peserta didik melalui kesepakatan kelas, keyakinan kelas dan membimbing peserta didik dalam penerapan aksi nyata budaya positif Tgl. 2 Februari 2023.

Minggu ke-2. Mensosialisasikan ke rekan guru melalui diseminasi pengimbasan budaya positif di sekolah Tgl. 3 Februari 2023

Minggu ke-4 Pembentukan komunitas praktisi "SOLUTIP" Santo Leo Praktek Budaya Positif Tgl. 6 Februari 2023

V.      DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Untuk kelancaran dari aksi nyata yang dilakukan khususnya di sekolah pasti membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yaitu Kepala Sekolah, rekan sejawat, peserta didik dan orang tua.

VI.     HASIL DARI AKSI NYATA

kegiatan aksi nyata melalui kesepakatan, keyakinan di kelas membuat peserta didik lebih percaya diri dan meyakini bahwa mereka adalah pribadi yang berkarakter.

Melalui diseminasi budaya positif, guru -guru semakin memahami bahwa budaya posiiif akan terwujud jika guru menjadi pembimbing dalam penerapan disiplin positif di sekolah.

VII.    DOKUMENTASI

Berikut ini bukti dari video aksi nyata Budaya Positif yang telah dishare di youtube dan Platfom Merdeka Mengajar.



https://youtu.be/qnVGNv1B9qw

https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/223598

 

Mari tetap semangat dan terus belajar untuk perubahan dunia pendidikan yang lebih baik.

Salam sehat dan bahagia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.1.a.8 Koneksi Antarmateri Modul 3.1

  Kesimpulan Koneksi Antarmateri Modul 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN Oleh Febe Kristiy...