Minggu, 18 Juli 2021

GENGGAM DUNIA DENGAN MENULIS

 


 


Judul              : Genggam Dunia Dengan Menulis

Resume ke      : 3

Gelombang     : 20

Tanggal          : 16 Juli 2021

Tema               : Membongkar Rahasia Menulis Hingga Menerbitkan Buku

Narasumber   : Ritawati, S.Kom

 

Padat merayap pekerjaan yang saya hadapi,  pekerjaan terasa penting semua dan harus selesai hari ini, tanpa disadari satu persatu pekerjaan itu mulai seperti menjadi tali jerat yang mengikat aktivitas sehingga hari-hari yang dilalui menjadi terasa berat karena terlalu banyak pekerjaan.

Malam hari ini saya ada kegiatan  belajar menulis bersama PGRI pertemuan ketiga gelombang ke-20 , rasa malas dan enggan mulai menghinggapi mulai terdengar suara  dari diri sendiri untuk tidak mengikuti kegiatan ini mulai berpikir untuk tidak meneruskan kegiatan ini.

Dalam kelelahan tersebut saya teringat sebuah kalimat bahwa menulis itu harus menjadi sebuah kebiasaan kalau belum menulis ada yang kurang sepanjang hari , saya mulai berpikir ulang hari ini ada yang kurang dari diri saya tidak ya? dan iya saya merasakan ada yang kurang ada sesuatu yang belum lengkap di diri saya.

Puji Tuhan akhirnya saya bersemangat mengikuti belajar menulis bersama PGRI,  malam hari ini moderatornya adalah Bambang Purwanto dan narasumbernya  Ritawati, S.Kom mengajar mapel informatika di SMP Negeri 2 Mendoyo Provinsi Bali dengan tema Membongkar Rahasia Menulis Hingga Menerbitkan Buku.

Kegiatan pertama diisi dengan pengalaman narasumber dari awal menulis sampai menjadi sukses,  hari ini beliau memberikan materi tentang membongkar rahasia menulis hingga menerbitkan buku selanjutnya narasumber menanyakan apa tujuan peserta belajar menulis, banyak peserta  yang menjawab dan jawabannya sangat beragam.

Saya termangu, pertanyaan sederhana itu mulai membuat pikiran saya berputar cepat, apa ya tujuan saya menulis hingga mau mengikuti pelatihan ini dan akhirnya saya menemukan jawaban karena saya hanya ingin  membuktikan pada diri saya sendiri bahwa saya bisa menulis.

Saya senang menulis saya hanya ingin menulis dan menulis tetapi saya tidak bisa menulis yang sesuai ketentuan dan aturan,  saya suka menulis sesuai dengan apa yang ada di pikiran saya karena itu saya mengikuti pelatihan belajar menulis ini supaya saya mampu menulis sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku dan tidak asal-asalan menulis.

Ada banyak Tujuan orang menulis sekedar ingin belajar, terpaksa karena syarat naik pangkat,  hobi dan  menambah penghasilan. Tetapi sebenarnya manfaat menulis dari segi kesehatan, yaitu:

Æ  Meredakan stres

Æ  Memecahkan masalah dengan lebih baik

Æ  Menuangkan perasaan sesuai keinginan

Æ  Memperbaiki suasana hati

Æ  Meningkatkan daya ingat

 

Sedangkan manfaat menulis menurut para ahli, yaitu:

{  Dapat meningkatkan kecerdasan

{  Mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas

{  Menumbuhkan keberanian

{  Mendorong kemauan dan kemampuan

{  Mengumpulkan informasi

 

Narasumber menyampaikan beberapa rahasia untuk bisa  menulis adalah sebagai berikut:

Ø  Menguasai  diri sendiri

Ø  Membaca buku-buku

Ø  Tulis semua ide yang muncul hingga tuntas

Ø  Abaikan PUEBI untuk sementara.

Ø  Latih menulis setiap hari (mulai dari 100 kata, 400 kata hingga 1000 kata.)

Ø  Membuat peta konsep / TOC

Ø  Tidak takut menunjukkan gagasan baru

 

Penulis pemula sangat  bagus untuk belajar menulis di Blog, berikut adalah alasan mengapa penulis harus memulai belaajr menulis di Blog:

P Blok salah satu media yang dapat mempublikasikan karya tulis tanpa harus takut ditolak.

P Tulisan yang kita tulis tidak hanya dibaca oleh teman dekat tapi juga akan dibaca oleh orang di seluruh dunia

P Jika setiap hari kita menulis di blog satu tulisan saja sekitar 2-3 lembar maka dalam sebulan kita sudah dapat menerbitkan satu buku.

Tetapi kenyataannya tidak semudah itu, banyak masalah yang dihadapi oleh penulis, beberapa masalah yang yang dialami oleh penulis, yaitu:

I  Susah ide

I  Miskin kosa kata

I  Sulit merangkai kata

I  Menunda-nunda

I  Bingung mau menulis apa

I  Tidak Percaya Diri

I  Merasa tulisannya jelek/ tidak layak untuk di baca

Dan memang benar, semua itu saya alami sendiri terkadang kita harus berjuang untuk melawan dan mengatasi masalah-masalah yang muncul tersebut.

Tetapi tenang karena narasumber memberikan solusi untuk semua masalah tersebut, solusinya adalah membaca dan menulis. Semakin sering kita menulis dan membaca maka kita akan semakin memiliki perbendaharaan kata yang menumpuk dan di dalam otak kita. sehingga kita kan menulis dengan mengalir begitu saja tanpa berpikir panjang.

Kesimpulan pertemuan hari ini , dengan menulis kita bisa melihat dunia luar yang mungkin kita terbatas untuk menjangkaunya , mari mulai untuk menulis dan jangan pernah berpikir untuk berhenti menulis.

Tetap semangat dan teruslah belajar untuk menulis.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3.1.a.8 Koneksi Antarmateri Modul 3.1

  Kesimpulan Koneksi Antarmateri Modul 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN Oleh Febe Kristiy...